Aplikasi Invoice Online, Solusi Penagihan yang Mudah Dibuat dan Diterapkan

By Pudjiastuti Apr16,2022

Jika membahas mengenai bisnis, tak jauh dari yang namanya penjualan dan juga pembelian, atau juga bisa disebut dengan transaksi. Kedua aktivitas tersebut sering dilakukan untuk menjalankan sebuah usaha. Dalam kegiatan tersebut ada suatu hal yang penting, yaitu adalah invoice. Untuk itu, di era digital saat ini sudah sangat memungkinkan untuk menggunakan aplikasi invoice online atau pembelian agar lebih mudah membuat sebuah invoice penjualan maupun pembelian.

Kedua hal tersebut sangat penting terlebih sebagai bukti transaksi antar dua belah pihak. Alhasil dokumen tersebut wajib untuk dijaga bila suatu waktu dibutuhkan terutama saat membuat laporan keuangan.

Pengertian Faktur Penjualan

Sebelum membahas lebih jauh, pertama-tama pahami dahulu apa yang dimaksud dengan yang namanya faktur penjualan. Faktur penjualan merupakan bukti suatu tagihan yang dibuat dan dikeluarkan dalam transaksi jual beli.

Faktur dibuat oleh penjual yang berisi daftar barang yang berhasil dijual dalam waktu tertentu. Faktur Penjualan juga dicatat dan disimpan secara rapi dalam sebuah sistem atau buku sehingga lebih mudah untuk diakses dan dilihat bagi pihak-pihak yang membutuhkannya.

Mengapa Faktur Penjualan Sangat Penting?

Jika bertanya, kenapa faktur penjualan begitu penting? Katakanlah jika suatu bisnis tidak menerapkan faktur penjualan, maka dampaknya akan berakibat pada bisnis yang dijalankan. Maka dari itu, sangat penting pula mengetahui tujuan dari dibuatnya faktur penjualan.

Tujuan Pembuatan Faktur

Dalam pembuatan faktur, tentu sebuan perusahaan berharap bisa melaksanakan beberapa tujuan seperti misalnya:

  • Membantu perusahaan memberikan sebuah informasi yang lengkap dan detail kepada banyak pelanggan tentang beberapa barang dan produk yang dibeli secara akurat.
  • Memberikan informasi besarnya tagihan yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Alhasil akan sangat mudah untuk meminta pembayaran dari pelanggan sesuai dengan jumlah dan harga produk yang telah disepakati.
  • Untuk memberikan kepastian kesesuaian produk yang diterima oleh pelanggan dengan yang diberikan oleh pihak penjual. Sehingga ketika terjadi kekeliruan dapat dilakukan revisi sesuai dengan yang tercatat pada faktur.

Cara Membuat Faktur Penjualan Dengan Aplikasi Invoice

Setelah membahas mengenai pengertian dan juga pentingnya membuat faktur penjualan, barulah kita akan bahas mengenai cara pembuatan faktur penjualan. Sebenarnya, bisa dikatakan sangat mudah untuk membuat faktur penjualan.

Seandainya Anda sedang mengalami masalah terkait faktur penjualan seperti:

  • Tulis Manual, banyak barang diorder makan banyak waktu buat nyatet satu persatu
  • Kehabisan nota faktur, harus restock dulu supaya bisa bikin faktur penjualan
  • Dokumen hilang, bukti transaksi jadi tidak ada
  • Ngirim faktur lama, harus nunggu sama barangnya buat ngirim fakturnya.

Saat ini Anda akan sangat dimudahkan dalam mengatasi masalah di atas. Sehingga tidak akan ada lagi masalah yang Anda alami dalam usaha Anda.

Manfaat Menggunakan Aplikasi invoice online

Berikut adalah beberapa manfaat aplikasi invoice online atau faktur online.

1. Manajemen yang Lebih Baik

Untuk mengelola bisnis dengan baik, Anda harus memiliki sistem yang efisien dalam membuat, mengirim, ataupun melacak invoice perusahaan, apakah invoice sudah ataupun belum dibayar?

Melalui faktur atau aplikasi invoice online, Anda tidak perlu repot lagi saat mengelola invoice, Anda dapat lebih mudah membuat dan mengirim invoice kapan pun dan di manapun, juga lebih mudah saat melakukan pelacakan invoice.

Dengan menggunakan invoice, Anda juga tidak perlu lagi mencari satu per satu invoice yang belum dibayar pelanggan.

2. Bisnis Lebih Profesional

Anda akan merasa sulit ketika harus mencari invoice satu per satu untuk memastikan apakah pelanggan sudah atau belum membayar tagihannya.

Mungkin Anda bisa lebih cepat dengan menanyakan langsung kepada pelanggan tentang tagihan tersebut. Namun, hal itu akan membuat bisnis Anda dipandang buruk oleh pelanggan. Mereka mungkin bisa berpikir “Apakah Anda bisa memenuhi target jika melacak invoice aja tidak bisa?”.

Dengan aplikasi invoice online, Anda dapat melihat apakah invoice telah dikirim, telah dibayar, ataupun belum dilakukan penagihan.

Bukan hanya itu, invoice online biasanya juga menyediakan fitur ‘reminder’ yang dapat memastikan Anda mengirimkan email penagihan terhadap pelanggan sebelum ataupun setelah tanggal jatuh tempo.

3. Mendapat Insight Baru

Pernahkah Anda tahu berapa banyak uang yang Anda dapatkan tahun lalu? Siapa pelanggan yang melakukan pembayaran lebih cepat? Berapa banyak pelanggan yang menggunakan metode pembayaran kredit? Berapa rata-rata uang yang dikeluarkan pelanggan selama setahun?

Data-data inilah yang bisa Anda dapatkan melalui invoice online atau digital tanpa perlu bantuan analis ataupun konsultan keuangan. Dengan mengetahui seluruh informasi tersebut, Anda dapat lebih mudah membuat strategi bisnis untuk mengembangkan bisnis.

4. Jejak Audit Lebih Lengkap

Dengan menggunakan invoice online atau digital, Anda tidak perlu lagi repot ketika ada audit dadakan. Karena, seluruh data invoice akan tersimpan dengan rapi di dalam sistem yang ada. Anda juga dapat melakukan tracking terhadap invoice kapan saja dan di mana saja tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Data tentang kapan invoice dikirim, apakah invoice sudah dibayar tepat waktu bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan invoice online.

Itulah 4 manfaat dari faktur atau aplikasi invoice online. Untuk membuat dan mengirim invoice secara online, Anda dapat menggunakan Jurnal.

Buat Aplikasi invoice online dengan Menggunakan Software Akuntansi Jurnal

Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat membuat dan mengirim invoice secara online, dengan 11 desain profesional yang bisa Anda pilih sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Bukan hanya itu, agar terlihat lebih profesional, Anda juga bisa menambahkan logo perusahaan dan tanda tangan di dalam invoice tersebut. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan pembayaran lebih cepat dengan Jurnal.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa mendapatkan pembayaran invoice lebih cepat dan mudah dengan memberikan 2 metode pembayaran, yaitu melalui Virtual Account ataupun Kartu Kredit.

Aplikasi akuntansi Jurnal juga menyediakan invoice reminder yang membantu Anda melakukan penagihan invoice secara berkala ke pelanggan Anda sebelum atau setelah jatuh tempo. Dengan invoice reminder, Anda tidak perlu lagi mengingatkan pelanggan satu per satu untuk membayar invoice. Anda juga tidak akan salah lagi dalam melakukan penagihan.

Jurnal juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya seperti membuat laporan instan, pembukuan online, mengelola stok barang, mengelola aset perusahaan, dan lain sebagainya. Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal dan nikmati free trial hingga 14 hari.

Related Post