Makanan Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

By Pudjiastuti Jul20,2023

Sobat Lembarberitai, halo! Sudahkah kamu berusaha menurunkan berat badan dengan pola makan yang sehat? Nah, kali ini kita akan membahas tentang makanan-makanan yang bisa membantu proses penurunan berat badanmu. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Alpukat

Alpukat mungkin terkenal akan kandungan lemaknya yang tinggi, namun lemak yang terdapat dalam alpukat adalah lemak baik yang bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dalam alpukat juga dapat membuatmu kenyang lebih lama, sehingga kamu akan makan lebih sedikit. Tidak hanya itu, alpukat juga kaya akan nutrisi seperti vitamin K, C, E, dan B-6.

2. Telur

Telur adalah sumber protein yang baik dan dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan mengonsumsi telur saat sarapan, kamu akan merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu makan berlebihan. Selain itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin B-12, selenium, dan zat besi.

3. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang rendah kalori dan kaya akan serat. Serat dalam brokoli dapat membantu pencernaan dan mengurangi rasa lapar. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

4. Kentang Manis

Meskipun memiliki rasa manis, kentang manis memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik yang rendah berarti kentang manis tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tinggi. Kentang manis juga kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C.

5. Ikan

Ikan seperti salmon, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon leptin. Hormon leptin berperan dalam regulasi nafsu makan dan metabolisme tubuh.

6. Apel

Apel mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, apel juga mengandung quercetin, senyawa yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak.

7. Bayam

Bayam adalah sayuran yang rendah kalori dan kaya akan serat. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan mempercepat metabolisme tubuh.

8. Yogurt Greek

Yogurt Greek mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak. Protein dalam yogurt Greek dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran lemak. Selain itu, yogurt Greek juga mengandung bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

9. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi dalam jangka waktu lama. Serat dalam oatmeal juga dapat membantu membuatmu kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar. Oatmeal juga mengandung beta-glukan, jenis serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

10. Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membantu menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, mentimun juga rendah kalori dan mengandung serat, sehingga dapat membuatmu kenyang lebih lama.

11. Anggur

Anggur mengandung resveratrol, senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Kandungan serat dalam anggur juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuatmu kenyang lebih lama.

12. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C dan serat. Vitamin C dalam jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan serat dalam jeruk dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

13. Wortel

Wortel adalah sayuran yang rendah kalori dan kaya akan serat. Serat dalam wortel dapat membantu mengurangi nafsu makan berlebihan. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan mata.

14. Buncis

Buncis adalah sayuran yang rendah kalori dan kaya akan serat. Serat dalam buncis dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi rasa lapar. Buncis juga mengandung vitamin K yang diperlukan untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.

15. Kacang Almond

Kacang almond mengandung lemak sehat dan protein yang tinggi. Lemak sehat dalam kacang almond dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Protein dalam kacang almond juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

16. Tomat

Tomat mengandung likopen, senyawa yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, tomat juga rendah kalori dan kaya akan serat, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

17. Plum

Plum adalah buah yang rendah kalori dan kaya akan serat. Serat dalam plum dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi rasa lapar.

18. Semangka

Semangka mengandung air yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, semangka juga rendah kalori dan mengandung serat, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

19. Jagung

Jagung mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin B-6, tiamin, dan magnesium.

20. Kiwi

Kiwi adalah buah yang kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan. Serat dalam kiwi dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi rasa lapar. Antioksidan dalam kiwi juga dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Sekarang, Sobat Lembarberitai sudah tahu kan makanan-makanan sehat yang bisa membantu menurunkan berat badan? Jangan lupa untuk mengombinasikan makanan-makanan tersebut dengan pola makan yang seimbang dan olahraga secara teratur. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related Post