Catat! 6 Manfaat Penting Pijat Refleksi Pada Kaki

By Pudjiastuti Aug30,2022

Pijat refleksi pada kaki adalah salah satu metode pengobatan alternatif dengan cara menekan titik tertentu pada area kaki. Titik refleksi pada kaki tersebut mewakili kondisi organ dan anggota tubuh tertentu.

Meski efektivitasnya belum terbukti secara klinis, refleksi kaki dipercaya dapat memberikan efek yang baik untuk organ maupun anggota dalam tubuh. Banyak yang mengatakan bahwa pijat refleksi pada kaki berpengaruh baik bagi kesehatan.

Berikut akan dijelaskan 6 manfaat penting yang bisa Anda rasakan saat melakukan pijat refleksi pada kaki.

1. Mengurangi rasa pegal pada kaki

Manfaat yang pertama yang bisa Anda rasakan saat refleksi kaki yakni mengurangi rasa pegal, terutama pada bagian kaki.

Berjalan dalam waktu yang lama, pemakaian sepatu berhak tinggi akan membuat kaki terasa pegal. Untuk meredakannya, Anda bisa melakukan pijat refleksi kaki.

Memijat seluruh bagian telapak kaki menggunakan jempol tangan dan telunjuk dapat meredakan rasa pegal pada kaki.

2. Membantu mengurangi stres

Manfaat selanjutnya yakni membantu dalam pengelolaan stres. Refleksi kaki dapat membantu Anda meningkatkan aliran darah. Aliran darah tubuh yang lancar dapat mengurangi rasa cemas dan tingkat stres yang Anda alami.

Aliran darah yang lancar akibat refleksi kaki juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada seseorang.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang buruk bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang mengalami masalah sulit tidur bisa melakukan pijat refleksi kaki.

Pijat refleksi kaki dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih santai. Selain itu, pijat tersebut juga mampu meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh. Pada akhirnya, tidur Anda akan semakin nyenyak.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Titik refleksi pada kaki mewakili kondisi bagian dalam tubuh termasuk sistem pencernaan. Pijat refleksi kaki dapat memberikan manfaat yang baik untuk sistem pencernaan.

Titik refleksi yang mewakili sistem pencernaan perlu distimulasi dengan pijatan. Dengan begitu, aliran darah ke perut akan meningkat dan kesehatan sistem pencernaan akan berangsur membaik.

5. Meredakan migrain dan sakit kepala

Selain sistem pencernaan, pijatan pada titik refleksi pada kaki juga baik untuk meredakan migraine dan sakit kepala.

Pijat refleksi mampu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan begitu, stres sebagai pemicu migrain dan sakit kepala dapat mereda.

Saat Anda terkena migrain dan sakit kepala yang menyakitkan, sebaiknya Anda tidak langsung meminum obat kimiawi. Anda bisa mencoba melakukan pijat refleksi pada kaki terlebih dahulu.

Jika migrain dan sakit kepala tidak kunjung reda, maka Anda bisa berkonsultasi ke dokter dan mendapatkan perawatan terbaik. Anda harus memahami bahwa pijat refleksi merupakan salah satu usaha untuk meredakan bukan menyembuhkan migrain dan sakit kepala.

6. Meredakan nyeri haid pada wanita

Nyeri haid sering dialami oleh wanita saat datang bulan. Untuk meredakannya, Anda bisa menerima pijatan refleksi pada kaki.

Refleksi melalui bagian ujung saraf atau telapak kaki dapat membuat tubuh melakukan penyembuhan sendiri. Hal ini karena pada bagian tubuh memiliki lebih dari 7.000 syaraf yang berada pada bagian telapak kaki dan terhubung dengan saraf pusat.

Oleh karenanya, refleksi kaki sangat bermanfaat untuk wanita yang sering mengalami nyeri haid, karena ini akan dapat meredakan rasa nyeri yang dirasakan sewaktu haid.

Jadi, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat melakukan pijat refleksi pada kaki. Namun, Anda tidak boleh menerima pijatan refleksi dari orang yang tidak mengetahui titik refleksi pada kaki.

Anda harus menggunakan jasa terapi refleksi kaki profesional untuk menghindari kesalahan memijat pada titik-titik tertentu.

Bagi Anda yang kesulitan untuk menemukan jasa terapi refleksi kaki yang handal, Anda bisa mempercayakannya pada Sejasa.com. Dengan sejasa, mencari jasa terasa lebih mudah.

Related Post