Lebih Praktis, Software Gaji Terbaik Untuk Sistem Gaji Karyawan

Bagian HRD memiliki tugas dalam merekrut, meningkatkan potensi dan menghitung gaji karyawan setiap bulan. Beberapa dekade lalu, tim HRD akan menghitung gaji karyawan berdasarkan dengan absensi, gaji pokok, tunjangan, upah lembur, dan lain-lain secara manual. Namun, perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat tim HRD bisa bekerja lebih efektif dengan software gaji terbaik. Data bisa langsung diserahkan pada bank atau lembaga keuangan untuk melakukan penggajian dengan sistem payroll yang lebih praktis.

Manfaat Penggajian Dengan Software Gaji

Kini Anda yang bekerja sebagai staf HRD tidak akan lembur semalaman hanya untuk menghitung gaji karyawan dengan memanfaatkan fitur software gaji terbaik. Berikut keunggulan dan manfaat memakai penggajian sistem payroll di perusahaan dengan bank terkait yaitu:

1. Lebih hemat waktu

Tidak hanya payroll dipakai perusahaan skala besar yang memiliki ratusan atau ribuan karyawan, tapi payroll sudah menjadi keunggulan penggajian yang diterapkan perusahaan skala kecil dan menengah, lho! Manfaat payroll sangat efektif untuk menekan biaya-biaya tambahan dibandingkan dengan sistem penggajian konvensional yang rentan dengan human error hingga potensi kecurangan.

2. Lebih transparan dengan anggaran gaji

Berapa nilai anggaran gaji yang Anda keluarkan setiap bulan untuk menggaji beberapa karyawan atau Anda yang memiliki ratusan karyawan? Dengan memakai software gaji dan bekerja sama dengan lembaga keuangan terpercaya, Anda bisa meneliti dan melakukan koreksi pada data gaji.

Anggaran gaji lebih transparan sehingga pengecekan kesalahan atau transfer gaji bisa dicek lebih akurat. Coba bayangkan Anda harus melakukan transfer gaji satu per satu, maka potensi kelalaian manusia bisa saja terjadi dibandingkan dengan sistem yang otomatis.

3. Penanganan gaji lancar dan tepat waktu

Tidak ada demo atau protes dari karyawan karena gaji terlambat diberikan dengan berbagai alasan. Bahkan Anda bisa tetap menggaji karyawan meskipun tanggal satu atau tanggal tertentu dalam pembayaran gaji tiba di hari merah atau libur nasional. Sistem payroll dengan bank memudahkan Anda dalam menggaji karyawan tepat waktu. Karyawan senang dan puas, maka loyalitas mereka akan meningkatkan kemajuan perusahaan Anda.

4. Efisiensi kinerja HRD

Kini Anda tidak membutuhkan tim HRD yang berjumlah banyak orang hanya untuk menghitung gaji atau bonus karyawan tiap akhir bulan. Tim HRD yang Anda bentuk bisa lebih fokus merekrut dan meningkatkan potensi karyawan agar kinerja mereka bisa lebih maksimal. Efisiensi kinerja tim HRD akan membuat perusahaan bisa fokus menggapai tujuan tanpa ribet soal penanganan gaji karyawan lagi.

5. Pengelolaan kasbon dan pemotongan pajak lebih efektif

Di dalam perusahaan, ada kebijakan kasbon yang berbeda sehingga Anda perlu pencatatan keuangan yang baik. Selain kasbon, ada pula sistem pemotongan pajak sesuai dengan peraturan pemerintah terkait gaji karyawan. Kini Anda bisa menggunakan software gaji yang bisa memudahkan perusahaan dalam menghitung potongan gaji yang benar. Pencatatan keuangan mulai gaji sesuai absensi, potongan pajak penghasilan karyawan atau pph 21 atau potongan lain bisa lebih valid.

Tips Mengelola Penggajian Karyawan Secara Efektif

Apabila perusahaan Anda tengah menjadi sebuah bisnis yang berkembang, Anda tentu butuh merekrut pegawai untuk posisi tertentu. Anda juga akan menawari nya gaji menurut standar perusahaan Anda.

Banyak variabel yang bisa Anda masukkan dalam kalkulasi menentukan gaji pokok, seperti kualifikasi pekerjaan–pendidikan, keterampilan, dan pengalaman karyawan serta kemampuan perusahaan membayar gaji tersebut dalam jangka Panjang. Berikut Tips Mengelola Penggajian Karyawan secara Efektif.

1. Pelajari Deadline Tanggal-tanggal Penting

Sama seperti berbagai tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan, penggajian karyawan juga memiliki deadline. Dengan menentukan tanggal penggajian, Anda bisa menyusun rencana untuk melakukan persiapan. Maka dari itu, sejak awal, tentukan waktu kapan Anda memberikan gaji kepada karyawan. Biasanya, perusahaan melakukannya setiap sebulan sekali, entah pada awal atau akhir bulan.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin melakukannya setiap dua minggu sekali. Apa pun keputusan Anda, pastikan Anda mengomunikasikannya kepada seluruh karyawan dan mematuhi deadline yang telah ditentukan. Sebaiknya Anda memilih waktu penggajian yang sesuai dengan siklus pemasukan dan pengeluaran perusahaan.

2. Buat Sistem Khusus untuk Menghitung Gaji

Idealnya, gaji di perusahaan dihitung berdasarkan struktur organisasi yang berlaku. Anda bisa memberikan gaji per bulan, berdasarkan tugas yang berhasil diselesaikan, menambahkan bonus, dan sebagainya. Namun, bagaimana pun Anda menghitung gaji karyawan, Anda dianjurkan untuk menerapkan sistem khusus yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan penghitungan tersebut. Jika Anda tetap melakukan penghitungan gaji setiap karyawan secara manual, hal tersebut hanya akan membuat Anda pusing dan tentu saja membuang waktu.

3. Investasi Menggunakan Software HR

Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk menciptakan metode penggajian karyawan dengan sistem yang tepat? Jawabannya adalah dengan menggunakan software HR khusus, yang mampu melakukan otomatisasi proses penggajian secara mudah dan praktis. Bahkan, tak hanya penggajian, Software Talenta by Mekari juga mampu membantu Anda dalam melakukan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan HR, seperti input data absensi, pengelolaan cuti, penghitungan pajak, hingga kontrak karyawan.

Kabar baiknya lagi, setelah melakukan cuti-off date, Talenta by Mekari dapat segera menghitung payroll hanya dalam waktu dua menit. Dan hanya dengan melakukan satu klik, Anda bisa langsung mengirimkan slip gaji kepada karyawan dan lapor PPh 21 online ke pihak kantor pajak.

4. Siapkan Rencana Cadangan Finansial

Lebih dari sekadar hak karyawan, ingatlah bahwa gaji juga dapat menjadi bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan. Karena itu, sebagai pemilik bisnis, Anda harus memastikan bahwa finansial perusahaan selalu berada dalam kondisi yang cukup bagus untuk memberikan gaji pada karyawan setiap bulan. Tepat waktu lah dalam mengirim invoice ke klien dan segera kejar klien yang telat melakukan pembayaran. Jangan sampai arus kas perusahaan terganggu dan membuat proses penggajian Anda berjalan tidak lancar. Jika Anda tidak menggaji karyawan atau melakukannya setelah deadline yang disepakati, bisnis Anda bisa berada dalam masalah.

Yuk, gunakan software gaji terbaik dari Talenta by Mekari untuk perusahaan Anda mulai sekarang! Selain itu, Anda juga bisa memakai Talenta by Mekari yang kredibel dalam penghitungan jumlah pajak yang perlu dipotong dari gaji karyawan, kemudian dibayarkan ke kantor pajak terkait. Sistem yang lebih mudah dan praktis memakai kecanggihan teknologi bisa menekan biaya operasional usaha, lho! Kini Anda bisa fokus pada pengembangan dan inovasi produk guna perusahaan berkembang lebih pesat kedepannya.

Software Talenta by Mekari merupakan salah satu software penggajian karyawan yang dapat  memudahkan perusahaan anda dalam mengelola proses perhitungan gaji karyawan dengan baik dan akurat. Dengan berbagai fungsi yang terotomatisasi melalui software, Anda pun memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal lain.