Manfaat Menggunakan Sistem Akuntansi Online untuk Perkembangan Bisnis

Fungsi dan manfaat sistem akuntansi online tidak hanya terbatas pada bisnis atau perusahaan saja, namun juga untuk kehidupan kita sehari-hari. Sadar ataupun tidak, ilmu sistem akuntansi online sederhana sering digunakan masyarakat dalam aktivitas ekonomi yang mereka lakukan. Dengan mempergunakan sistem akuntansi online maka perhitungan keuangan menjadi lebih mudah.

Dalam skala besar yaitu bisnis dan perusahaan, sistem akuntansi online bermanfaat sebagai salah satu acuan bagi pihak manajemen untuk mengambil keputusan terkait kebijakan serta strategi usaha. Informasi yang diperoleh dari laporan sistem akuntansi online tersebut akan digunakan oleh kreditur, investor, karyawan, manajer, pemimpin perusahaan maupun pemerintah.

Pengertian Sistem akuntansi online Secara Umum

Pengertian sistem akuntansi online adalah kegiatan untuk menyajikan berbagai informasi ekonomi kepada pihak-pihak yang terkait dan berkepentingan. Di dalam usaha dan bisnis informasi keuangan yang disajikan lewat sistem akuntansi online tersebut berguna untuk mencapai tujuan yaitu mendapatkan laba secara maksimal.

Sistem akuntansi online juga memiliki pengertian sebagai teknik atau seni untuk mencatat, menggolongkan maupun menyimpulkan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan serta melakukan analisis dari hasil yang didapatkan tersebut.

Pengertian lainnya dari sistem akuntansi online adalah penyedia informasi yang dibutuhkan dalam melaksanakan segala kegiatan dalam rangka untuk membuat perencanaan serta pengawasan yang efektif yang bertujuan membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan dan pertanggungjawabannya kepada pihak-pihak terkait.

Sedangkan definisi sistem akuntansi online secara lebih luas adalah rangkaian kegiatan dalam hal pencatatan, pengukuran, identifikasi, penyajian dan pelaporan semua aktivitas pada transaksi keuangan.

Apa Saja Manfaat dari Sistem akuntansi online?

1. Sarana untuk Perencanaan, Pengawasan, Koordinasi dan Pengendalian

Secara internal sistem akuntansi online bermanfaat untuk alat pelaporan keuangan kepada manajer ataupun pimpinan. Berdasarkan pelaporan keuangan tersebut nantinya perusahaan akan bisa membuat perencanaan, pengawasan, koordinasi serta pengendalian keuangan yang tepat supaya tujuan tercapai yaitu mendapatkan laba yang maksimal.

2. Acuan untuk Perhitungan Pajak

Informasi keuangan yang diperoleh dari sistem akuntansi online berguna sebagai dasar bagi perusahaan untuk memperhitungkan besarnya pajak yang harus dibayarkan. Besarnya pajak yang wajib dibayarkan perusahaan kepada negara yaitu salah satunya diperhitungkan sesuai jumlah laba yang diperolehnya.

3. Sarana untuk Mendapatkan Pinjaman

Informasi keuangan yang didapatkan dari hasil perhitungan sistem akuntansi online juga bermanfaat mempermudah perusahaan untuk mendapatkan pinjaman dari pihak lain. Perusahaan dengan keuangan yang sehat lebih dipercaya dan lebih mudah mendapatkan pinjaman sebagai modal usaha.

Jika Anda membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha seperti promosi dan lainnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Investree yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Investree menjadi jembatan yang mempertemukan antara Anda sebagai peminjam (Borrower) dan pemberi pinjaman (Lender). Selain proses mudah dan cepat, Anda bisa mendapatkan tingkat bunga dan biaya kompetitif berdasarkan sistem credit-scoring modern mulai dari 1% per bulan. Daftar Investree sekarang juga dan kembangkan usaha Anda.

4. Menyediakan Informasi Keuangan bagi Investor

Banyak perusahaan yang dalam menjalankan kegiatan usahanya membutuhkan modal dari sejumlah investor yang tentu saja nilainya tidak kecil. Hal paling penting yang akan dilihat dan menjadi bahan pertimbangan oleh investor yaitu kondisi keuangan dari perusahaan tersebut. Investor hanya akan menanamkan modalnya kepada perusahaan dengan laporan keuangan yang baik dan sehat karena itu menjamin pengembalian dana miliki mereka.

Demikianlah penjelasan singkat tentang pengertian dan manfaat sistem akuntansi online bagi bisnis, usaha dan perusahaan. Informasi sistem akuntansi online akan memberikan gambaran seberapa sehat kondisi keuangan pada sebuah perusahaan.

5. Menghemat waktu

Manfaat sistem sistem akuntansi online pertama ialah memudahkan pekerjaan pengelola keuangan perusahaan, sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu dan memanfaatkan sisa waktu berlebih untuk mengejar target pekerjaan lainnya.

Sebagai contoh, pekerjaan seperti membuat invoice untuk pelanggan, deposito bank, menulis cek, dan membuat laporan keuangan dapat dilakukan sekaligus dalam waktu yang lebih singkat.

6. Akurasi lebih maksimal

Proses sistem akuntansi online bisa jadi amat panjang dan rumit, sehingga ketelitian sangat diperlukan untuk menghindari salah perhitungan. Input data maupun perhitungan secara terkomputerisasi dapat meminimalisasi kesalahan manusia. Terlebih, algoritma dalam software sistem akuntansi online sudah disesuaikan dengan model standar yang meminimalisasi risiko kesalahan.

7. Menghemat biaya operasional

Manfaat sistem sistem akuntansi online juga memangkas biaya operasional. Dengan efisiensi waktu, perusahaan tak perlu membayar lembur karyawan atau membayar gaji tambahan untuk mempekerjakan pengelola keuangan outsourcing.

Jurnal by Mekari dari Mekari Rekomendasi Sistem Sistem akuntansi online Terbaik

Software sistem akuntansi online dari Jurnal by Mekari adalah sebuah perangkat lunak yang terdiri dari program untuk pengelolaan mulai dari pembukuan, transaksi hingga pembuatan laporan. Dengan adanya aplikasi ini, kegiatan operasional bisnis juga lebih cepat dilakukan dan praktis.

Untuk tujuan penggunaan software atau aplikasi accounting ini tentu saja demi efisiensi dan kelancaran pengelolaan keuangan pada sebuah perusahaan. Tidak hanya efisien secara waktu tapi juga budget, dikarenakan aplikasi ini dijual dengan harga yang sangat murah dengan banyak keuntungan yang diberikan.

Terlebih penggunaan aplikasi akunting ini juga sangat mudah tanpa harus memahami rumus-rumus sistem akuntansi online atau rumus Excel. Bahkan Anda yang awam sekali tentang ilmu sistem akuntansi online juga bisa menjalankan aplikasi online ini. Menariknya software sistem akuntansi online melakukan pembukuan secara otomatis tanpa ada kesalahan karena input manual. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan sebab sangat bisa meminimalisir adanya human error di kegiatan pengelolaan keuangan perusahaan.

Aplikasi sistem akuntansi online dari Jurnal by Mekari by Mekari ini memiliki sistem online, tidak seperti aplikasi lainnya yang masih menggunakan sistem operasi dari perangkat Microsoft Excel. Tentu saja karena sistemnya online maka punya banyak keuntungan salah satunya yaitu update data yang bisa dilakukan secara otomatis. Berbeda dengan aplikasi online yang memang bisa di akses tanpa memerlukan data internet tetapi data di dalamnya tentu tidak akurat karena tidak memiliki sistem yang Real Time.

Aplikasi accounting dari Jurnal by Mekari tidak hanya bisa diakses melalui komputer saja tapi juga lewat smartphone. Smartphone Android ataupun iOS bisa mengakses aplikasi sistem akuntansi online ini, jadi tentu semakin menarik karena data bisa diakses dari perangkat apa saja dan di mana saja.

Software sistem akuntansi online dari Jurnal by Mekari merupakan software yang terjamin ke original lainnya dan juga mampu melindungi data keuangan anda dengan sangat aman. Jurnal by Mekari sendiri memiliki program keuangan yang sudah legal dan diawasi oleh Kominfo dan sudah memiliki sertifikat ISO/IEC27001.