Tips dan Trik Memasak Ayam Goreng yang Lezat dan Gurih

By Pudjiastuti Jul26,2023

Rahasia Dibalik Kelezatan Ayam Goreng yang Menggoda Selera

Hello Sobat Lembarberitai! Apa kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang tips dan trik memasak ayam goreng yang lezat dan gurih. Siapa sih yang tidak suka dengan ayam goreng? Makanan ini merupakan salah satu favorit banyak orang di seluruh dunia. Ayam goreng yang renyah di luar dan juicy di dalam, siapa yang bisa menolaknya? Nah, kali ini kita akan mengungkap rahasia dibalik kelezatan ayam goreng yang menggoda selera. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

Ayam goreng merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki cara sendiri dalam mengolah dan menghasilkan ayam goreng yang lezat. Ada ayam goreng krispi, ayam goreng kremes, ayam goreng kuning, dan masih banyak lagi variasi ayam goreng yang bisa kita temui. Namun, apapun variasinya, ada beberapa tips dan trik yang bisa kita terapkan untuk mendapatkan ayam goreng yang lezat dan gurih.

Yang pertama, pemilihan bahan yang baik sangatlah penting. Pastikan ayam yang akan digunakan dalam proses memasak dalam kondisi yang segar dan berkualitas baik. Gunakan ayam tanpa tulang atau bisa juga menggunakan bagian sayap atau paha ayam. Ayam tanpa tulang cenderung lebih mudah dimasak dan lebih cepat matang. Jika menggunakan ayam dengan tulang, pastikan ayam sudah dipotong sesuai selera dan bersih dari bulu.

Jika bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah proses perendaman. Tidak semua orang mengetahui bahwa perendaman ayam sebelum digoreng sangatlah penting. Proses ini tidak hanya untuk memberikan rasa pada daging ayam, tetapi juga untuk membuat daging ayam menjadi lebih lembut dan juicy. Gunakan bumbu perendam sesuai selera, bisa menggunakan bawang putih, merica, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Diamkan ayam dalam bumbu perendam minimal selama 30 menit agar bumbu meresap dengan baik.

Selanjutnya, proses penggorengan. Gunakan minyak goreng yang cukup dalam proses penggorengan agar ayam benar-benar terendam minyak. Pastikan minyak dalam kondisi panas sebelum ayam dimasukkan. Gunakan api sedang agar ayam matang merata dan tidak gosong di bagian luar saja. Goreng ayam hingga berwarna keemasan dan kulitnya menjadi renyah. Jika menggunakan ayam dengan tulang, pastikan juga bagian daging di dekat tulang sudah matang sempurna.

Setelah selesai digoreng, tiriskan ayam goreng pada wadah yang dilapisi dengan tisu dapur. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa minyak yang berlebih pada ayam. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan ayam goreng yang lebih sehat dan tidak terlalu berminyak. Jangan lupa, biarkan ayam goreng sejenak hingga suhu panasnya turun agar tidak terlalu panas saat disajikan.

Untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih, kita bisa menambahkan bumbu tambahan pada ayam goreng. Bumbu tambahan dapat berupa bawang goreng, daun jeruk, atau sambal. Bumbu tambahan ini dapat memberikan rasa dan aroma yang lebih nikmat pada ayam goreng kita. Sesuaikan bumbu tambahan dengan selera masing-masing.

Sekarang, mari kita bahas tentang tips dan trik dalam membuat kulit ayam goreng yang renyah. Salah satu trik yang bisa kita terapkan adalah dengan menggunakan campuran tepung khusus. Tepung ini bisa kita beli di toko bahan makanan atau supermarket terdekat. Campurkan tepung tersebut dengan tepung terigu agar ayam goreng kita memiliki lapisan kulit yang lebih renyah dan crispy. Kita juga bisa menambahkan sedikit baking powder untuk hasil yang lebih maksimal.

Selain itu, gaya penggorengan juga mempengaruhi kelezatan ayam goreng. Jika kita ingin mendapatkan ayam goreng yang krispi, cobalah untuk menggunakan metode deep frying. Metode ini dilakukan dengan menenggelamkan ayam dalam minyak goreng yang banyak. Dalam prosesnya, kita harus memastikan bahwa minyak benar-benar panas sebelum memasukkan ayam. Setelah itu, biarkan ayam terendam dalam minyak hingga matang sempurna dan berwarna keemasan.

Saat ini, ada juga teknik memasak ayam goreng tanpa menggunakan minyak yang bisa kita coba, yaitu dengan menggunakan air fryer. Air fryer adalah alat masak modern yang bisa menghasilkan makanan yang renyah dan gurih seperti halnya digoreng. Dalam penggunaannya, kita hanya perlu menambahkan sedikit minyak untuk memberikan efek krispi pada kulit ayam. Keuntungan menggunakan air fryer adalah kita bisa mengurangi jumlah minyak yang digunakan sehingga lebih sehat.

Tips dan trik terakhir yang akan kita bahas adalah tentang kelezatan ayam goreng yang tahan lama. Jika kita ingin menyimpan ayam goreng agar tetap renyah dan enak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan ayam sudah benar-benar dingin sebelum disimpan dalam wadah tertutup. Kedua, jangan menyimpan ayam goreng dalam kulkas dalam jangka waktu yang terlalu lama, maksimal 2 hari. Ketiga, sebelum disimpan, kita bisa meniriskan ayam dengan menggunakan tisu dapur untuk menghilangkan sisa minyak yang berlebih. Dengan cara ini, ayam goreng kita tetap renyah dan tidak berbau saat dihidangkan.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa tips dan trik dalam memasak ayam goreng yang lezat dan gurih. Pemilihan bahan yang berkualitas, proses perendaman yang tepat, dan teknik penggorengan yang benar menjadi kunci kelezatan ayam goreng. Selain itu, kita juga bisa menambahkan bumbu tambahan atau menggunakan campuran tepung khusus agar hasilnya lebih maksimal. Jangan lupa untuk menyimpan ayam goreng dengan benar agar tetap renyah dan enak saat dihidangkan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Related Post