Penyebab Klaim Asuransi Jiwa Ditolak dan Cara Mencegahnya

 

Asuransi jiwa merupakan produk yang memberikan keuntungan dengan uang pertanggungan yang besar. UP yang bisa didapatkan produk ini hingga miliaran rupiah tergantung dari jenis asuransi dan UP maksimal yang ditawarkan. Sehingga pastikan untuk memilih UP yang mempunyai nilai besar agar bisa mendapatkan uang pertanggungan yang besar tersebut. Cara untuk mendapatkan UP besar tersebut adalah dengan mengajukan klaim.

Akan tetapi ketika mengajukan klaim asuransi juga bisa ditolak oleh penanggung tersebut. Sehingga hal tersebut membuat Anda tidak bisa mendapatkan manfaat UP besar dari asuransi. Oleh karena itulah pastikan untuk mengetahui apa saja hal yang menyebabkan klaim ditolak agar dapat menghindarinya. Adapun beberapa hal yang menyebabkan pengajuan klaim ditolak adalah sebagai berikut ini:

  • Penyebab pertama yang paling umum ketika mengajukan klaim asuransi jiwa tetapi ditolak adalah karena mengajukan klaim dengan persyaratan tidak lengkap. Sama seperti ketika mengajukan klaim asuransi lainnya, jenis ini juga perlu mempunyai persyaratan yang lengkap. Siapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan produk asuransi yang dipunyai. Selain itu juga perlu untuk mempersiapkan form pengajuan klaim yang diisi dengan benar dan jujur.
  • Selanjutnya adalah karena klaim yang diajukan dengan penyebab yang termasuk ke dalam pengecualian. Seperti meninggal yang disebabkan karena bunuh diri sehingga tidak bisa mendapatkan klaim asuransi yang diajukan.
  • Klaim yang diajukan juga bisa ditolak karena pembayaran premi yang mengalami macet dan tidak terbayarkan. Sehingga hal tersebut mempunyai kondisi lapse yaitu manfaat asuransi yang tidak aktif. Hal ini membuat klaim asuransi yang diajukan juga akan ditolak.
  • Klaim selanjutnya ditolak karena terindikasi mempunyai tindak kejahatan yang juga termasuk ke dalam pengecualian klaim ditolak.
  • Mengajukan klaim asuransi saat masih masa tunggu yang membuat klaimnya ditolak oleh pihak asuransi.
  • Mengajukan klaim dengan nominal yang lebih besar dibandingkan uang pertanggungan yang sesuai dalam polis.

Setelah mengetahui mengenai apa saja penyebab klaim asuransi yang dapat ditolak, maka langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan upaya untuk mencegah klaim tersebut dapat ditolak. Sehingga hindari berbagai hal yang menyebabkan klaim ditolak agar pengajuan klaim bisa diterima. Adapun beberapa cara mudah yang membuat pengajuan klaim bisa diterima adalah:

  • Pastikan untuk memenuhi persyaratan dan juga dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim. Unduh formulir klaim dan isi dengan jujur agar memudahkan pengajuan dapat diterima.
  • Bisa untuk membayar premi secara rutin sehingga bisa mencegah terjadinya lapse. Apabila lapse, ajukan pengaktifan kembali agar nantinya bisa mendapatkan manfaat yang dibutuhkan.
  • Bisa untuk mengajukan klaim asuransi ketika terjadi resiko dan tidak mempunyai unsur atau indikasi yang termasuk ke dalam pengecualian asuransi.
  • Mengajukan klaim asuransi setelah masa tunggu sehingga bisa membuat klaim asuransi lebih mudah diproses dan diterima.
  • Mengajukan besaran uang pertanggungan yang sesuai dengan polis agar memudahkan klaim diterima oleh asuransi.
  • Pastikan untuk memahami aturan mengajukan klaim sehingga bisa untuk membuat klaim diterima.

Tips terakhir yang bisa digunakan untuk membuat klaim asuransi jiwa dapat diterima adalah dengan memilih produk asuransi yang mempunyai cara klaim yang mudah. Seperti dengan memilih asuransi perlindungan jiwa murni yang bisa didapatkan secara online dari I Love Life Astra.

Produk asuransi jiwa Flexi Life ini bisa mengajukan klaim cukup secara online di I Love Life, sehingga mempunyai langkah pengajuan klaim yang lebih mudah. Hal tersebut juga akan membantu untuk mendapatkan kesempatan klaim yang bisa lebih mudah diterima dan mendapatkan manfaat yang dibutuhkan.