Cara Klaim Asuransi Allianz Cukup Dengan Smartphone

By Pudjiastuti Jun14,2023

Perusahaan asuransi Allianz merupakan perusahaan asuransi yang berasal dari Jerman, namun banyak membuat cabang di seluruh penjuru dunia, termasuk diantaranya adalah di Indonesia sendiri. Mereka sudah berdiri selama lebih dari 1 abad, sehingga tak perlu diragukan bagaimana kualitas layanan yang diberikan. Apalagi semakin kesini jumlah nasabahnya jadi semakin banyak, mereka puas dengan layanan yang diberikan serta atas kemudahan klaim asuransi Allianz tersebut.

Metode klaim yang ditawarkan oleh Allianz ini memang beragam, diantaranya adalah sistem klaim secara langsung atau offline, serta ada pula jenis klaim berbasis online yang belakangan ini dikeluarkan. Klaim yang dilakukan secara online ini bisa untuk beberapa jenis asuransi seperti asuransi kesehatan serta asuransi jiwa juga. Layanan terbaru yang memang ditujukan untuk mempermudah nasabah menikmati manfaat proteksi dari asuransi tersebut, tanpa perlu datang langsung ke kantor atau lewat agen, cukup dari rumah saja.

Anda dapat mengandalkan komputer atau cukup dengan smartphone saja sudah bisa untuk mengajukan klaim online. Lalu bagaimana cara klaim asuransi Allianz ini hanya dengan pakai smartphone? Berikut ini yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Mengecek polis, semua asuransi punya polis yang menandakan bahwa Anda termasuk peserta asuransi tersebut. Namun tidak semua polisnya dalam kondisi yang aktif, ada kalanya ketika nasabah tidak rutin dalam membayar premi, maka polis akan dinonaktifkan. Anda dapat mengecek apakah polis tersebut masih aktif ataukah tidak. Jika polis dalam kondisi tidak aktif alias lapse, tentunya tidak bisa digunakan untuk klaim. Pengecekan sekarang ini dapat dilakukan secara online di website atau aplikasi mereka.
  1. Download formulir pengajuan klaim dan isi, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mendownload formulir untuk pengajuan klaim ini, yaitu bisa Anda dapatkan lewat website resmi dari Allianz, dapat dibuka langsung di smartphone serta bisa langsung diisi dengan cara mengeditnya. Sesuaikan dengan jenis asuransi yang akan diklaim, karena berbeda jenis asuransi maka akan berbeda formulir yang digunakan. Patut untuk diingat bahwa dalam mengisi form pengajuan klaim ini, Anda harus menyesuaikan dengan data yang ada di polis, pastikan bahwa semuanya sudah benar.
  1. Siapkan berkas-berkas yang dijadikan sebagai persyaratan dan discan, sesuai dengan jenis klaim yang Anda maksudkan, maka ada serangkaian syarat dalam bentuk dokumen yang harus ikut Anda sertakan. Anda dapat mengecek terlebih dahulu jenis-jenis dokumen yang diminta dan mulai untuk dikumpulkan satu persatu, cek kembali untuk memastikan bahwa tidal ada dokumen yang kurang. Setelah terkumpul semua pastikan semuanya ada scan untuk lebih mudah melampirkannya dalam bentuk file atau foto.
  1. Lampirkan semua dokumen serta formulir pengajuan klaim dan kirim ke email resmi Allianz, prosedur pengajuan klaim online ini tak perlu datang langsung ke kantor mereka, cukup lewat smartphone bisa. Setelah itu tunggu nantinya klaim Anda diproses oleh perusahaan. Akan muncul pemberitahuan selanjutnya apakah klaim tersebut diterima atau ditolak oleh perusahaan asuransi.

Mudah bukan klaim asuransi Allianz cukup melalui smartphone, pastinya jadi lebih cepat diproses. Jadi selama ini jenis asuransi apa sajakah yang sudah Anda miliki? Semakin bertambahnya usia, maka jenis asuransi yang dibutuhkan juga jadi semakin banyak. Anda dapat membeli produk terbaik untuk perlindungannya hanya dari Allianz, karena dijamin lebih aman, tidak seperti perusahaan asuransi lain yang kebanyakan bahkan legalitasnya tidak jelas.

Related Post