Ingin Membeli Mobil Baru? Kamu Wajib Mengetahui 8 Komponen Penting Ini

Saat ini memiliki kendaraan sudah menjadi sebuah suatu kebutuhan, khususnya untuk yang tiggal jauh dari kantor. Tingkat mobilitas yang tinggi merupakan salah satu alasan seseorang membeli kendaraan. Dari segi kenyamanan dalam berkendara, mobil merupakan salah satu pilihan yang tepat. Bahkan di era modern seperti sekarang semua orang bisa membeli mobil hanya dengan membayar angsuran mulai dari 3 Jutaan saja.

1. Buku Manual

Saat melakukan serah terima mobil baru, Anda perlu meminta buku manual. Hal ini guna untuk memahami fitur dan spesifikasi apa saja yang ada pada kendaraan, serta cara-cara menangani mobil baru, apabila sewaktu-waktu terjadi masalah.

Selain buku manual, Anda juga perlu meminta buku servis, baik yang manual ataupun audio. Hal ini merupakan salah satu yang perlu diperhatikaan ketika membeli mobil baru. Tentu jika Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya jika Anda membeli mobil baru akan tetapi tidak dilengkapi oleh kedua buku tersebut.

2. Kondisi Interior dan Jok

Anda perlu mengecek kondisi interior dan jok. Umumnya interior mobil akan ditutupi plastik pelindung terutama pada bagian jok. Saat Anda ingin membeli mobil baru ada baiknya terlebih dahulu untuk mengecek kondisi interior dan jok.

Apabila nantinya Anda menemukan bagian yang cacat, Anda bisa meminta untuk menggantikan unit yang akan dikirim nantinya. Dimana Anda meminta unit yang Anda lihat di dealer berbeda dengan unit yang nantinya dikirim ke alamat Anda. Hal ini berguna agar unit yang diberikan kepada Anda benar-benar bagus tanpa adanya kondisi yang cacat.

3. Bodi dan Eksterior

Setelah Anda berencana membeli mobil baru, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum terjadinya transaksi pembelian. Salah satu hal penting itu adalah mengecek bodi dan eksterior mobil, apakah terdapat goresan kecil ataupun kondisi yang cacat. Pastikan Anda tidak menerima unit secara sembarangan, pastikan Anda meminta unit yang benar-benar baru pada pihak dealer.

4. Jarak Tempuh

Jarak tempuh menjadi hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil baru Anda. Ini karena seharusnya mobil baru memiliki jarak tempuh 0 kilometer, meskipun hal ini mustahil karena akan ada proses pengecekan di pabrik.

Jadi, sebaiknya Anda sebelum membeli mobil baru melihat kondisi jarak tempuh mobil. Jarak tempuh yang normal pada mobil baru seharusnya kurang dari 50 kilometer. Jika Anda menemukan bahwa jarak tempuh melebihi 50 kilometer, Anda bisa mengajukan komplain kepada pihak dealer.

5. Kelengkapan Peralatan dan Ban Serep

Memeriksa kelengkapan peralatan seperti kunci-kunci penting dan ban serep perlu dilakukan. Dimana peralatan ban serep ini menjadi salah satu kelengkapan penting yang wajib Anda periksa terlebih dahulu. Karena peralatan ini nantinya bisa membantu dalam keselamatan Anda dalam berkendara di jalan raya.

6. Fitur Teknologi

Fitur dan kelistrikan juga perlu Anda periksa terlebih dahulu setelah mendapatkan mobil baru Anda. Jika Anda merasa bingung, maka mintalah pihak dealer untuk membantu pengecekan ini. Anda juga bisa meminta mereka untuk mendemonstrasikan fitur yang kurang dimengerti.

Cek apakah setiap fitur yang ada di mobil sudah bekerja dengan baik dan sempurna. Periksa dinginnya AC serta indikator yang ada di dashboard, apakah semuanya juga menunjukkan angka-angka yang seharusnya atau tidak.

7. Test Drive

Sebelum memutuskan membeli mobil baru, ada baiknya Anda menguji kendaraan Anda terlebih dahulu. Ceklah kondisi kendaraan seperti bunyinya maupun mesin.

Apabila ditemukan masalah pada mobil baru Anda, tentu Anda bisa mengajukan complain disaat itu juga kepada pihak dealer.

8. Dokumen Pengiriman

Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda juga perlu memeriksa kelengkapan dokumen pengiriman. Periksalah seluruh dokumen yang berkaitan dengan pengiriman kendaraan.

Cek pada bagian STNK, apakah sudah sama persis dengan nomor identitas mobil dan nomor rangka yang tertera pada mobil Anda. Begitu pula dengan nama dan alamat pemilik kendaraan bermotor tersebut.

Pastikan Anda telah mengecek satu persatu kondisi mobil, sebelum membeli mobil baru. Jika kamu masih kurang puas membeli mobil disuatu tempat, kamu bisa membeli mobil keluaran terbaru dengan biaya angsuran perbulannya hanya 3 jutaan saja di SEVA. Tentu dengan harga yang terbilang murah bahkan bunganya mulai dari 0% saja, bisa dijadikan peluang bisnis. Karena dengan membeli mobil secara kredit akan tetap menjaga kondisi keuangan Anda tetap stabil, bahkan ketika mobil nantinya lunas tentu keuntungan yang didapat akan lebih banyak lagi.